pengunjung

Anda pengunjung ke : Redcounter :
Counter Powered by  RedCounter
Assalamu ’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Salam Sejahtera.Selamat datang di blog, http://azay-ste.blogspot.com || Terima Kasih atas kunjungan anda di blog ini mudahan semua isi blog ini bermanfa'at buat kalian semua...

Air Bersih Di pulau bunyu

Survei Potensi Air Bersih di Bunyu

BUNYU–PT Adani Global selaku kontraktor pengelolaan lahan Kuasa Penambangan (KP) milik PT Lamindo Inter Multikon yang terletak di wilayah Desa Bunyu Timur, Kecamatan Bunyu, merencanakan penyambungan air bersih yang didistribusikan ke seluruh rumah tangga yang ada di pulau tersebut.

Engineering Manager PT Adani Global, Didi Marsono yang ditemui Radar Tarakan di sela-sela kegiatan malam Nuzulul Quran di Bunyu menyampaikan, program sarana penyediaan air bersih ini merupakan komitmen PT Adani Global dalam kegiatan community development (comdev) yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas masyarakat Bunyu.

“Tapi ini masih dalam tahap awal, kami sudah berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk meneliti potensi air bersih di Bunyu,” kata Didi.

Dikatakannya, program ini dimunculkan karena sebagian besar, bahkan hampir 90 persen penduduk di Bunyu masih mengandalkan air tadah hujan sebagai keperluan sehari-hari, baik untuk mandi maupun untuk dikonsumsi.

“Belum lagi jika musim kemarau tiba, masyarakat tentu kesulitan,” ungkap Didi.

Untuk itu, pihak PT Adani Global yang saat ini sudah memiliki 384 karyawan, telah membicarakan usulan ini kepada Bupati Bulungan untuk dapat dikoordinasikan kepada pihak-pihak yang berwenang dengan rencana perusahaan kontraktor batu bara di Bunyu ini.

Mengenai survei potensi air ini, Purwanto yang mendampingi Didi selaku pihak konsultan yang dipercayakan PT Adani mengatakan, saat ini pihaknya baru mengadakan survei hydro biologi dalam tahap awal. “Mungkin dalam 2-3 bulan ke depan baru diketahui seberapa besar potensi air bersih yang terdapat di struktur tanah yang ada di Bunyu ini,” kata Purwanto yang merupakan pensiunan pegawai Direktorat Biologi Tata Lingkungan di Bandung.

Dikatakannya, dirinya akan segera menyampaikan hasil surveinya tersebut kepada pihak PT Adani Global jika telah selesai dan tidak akan ada yang ditutup-tutupi.

“Jika ternyata dari survei kami nanti diketahui tidak ada potensi air, itulah yang akan kami paparkan,” jelas Purwanto.

Tanpa mendahului hasil survei, Didi Marsono menargetkan, jika program ini terealisasi dan Bunyu terdapat potensi sumber air bersih yang besar, tahun 2009 mendatang sudah mulai pemasangan instalasi saluran air bersih ke masing-masing rumah yang ada di Bunyu.

“Ini akan kami aliri secara gratis. Dan ke depannya, akan kami koordinasikan kembali dengan pihak PDAM yang saat ini sudah memiliki 150 pelanggan rumah tangga,” harap Engineering Manager PT Adani Global Bunyu ini.(ash)

sumber : klik di sini

Tahun Depan Bunyu Sudah Dialiri Air Bersih

Warga Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan tahun 2009 mendatang diperkirakan sudah bisa mendapat pasokan air bersih. Rencananya, air bersih itu akan disalurkan ke rumah warga melalui pipa.

"Kami sedang menjajaki pengadaan air bersih buat warga Bunyu. Saat ini sedang dilakukan survei awal kondisi hidrogeologi untuk mencari sumber air bersih ini. Target kami tahun 2009, warga Bunyu sudah bisa mendapatkan air bersih," kata Didi Marsono, Engineering Manager PT Adani Global, Jumat (18/9).
PT Adani Golobal merupakan perusahaan kontraktor pertambangan yang mengerjakan area Kuasa Pertambangan (KP) milik PT Lamindo Inter Multikon, yang terletak di pulau itu. Perusahaan inilah yang akan menjajaki pengadaan air bersih buat warga setempat.
Selama ini, sekitar 90 persen warga kecamatan Bunyu hanya mengandalkan air tadah hujan untuk kebutuhan air sehari-hari.
Bila terjadi musim kemarau berkepanjangan, dipastikan warga kesulitan mendapat air bersih. Menurut Didi, air bersih yang sudah disalurkan ini nanti akan diberikan secara gratis untuk warga.
Ashari, warga Pulau Bunyu mangatakan, selama ini air tadah hujan yang digunakan warga dikumpulkan dari air hujan yang ditampung di dalam bak penampungan. "Untuk kebutuhan minum dan memasak, warga di puau ini biasanya mengendapkan air hujan dan kemudian dimasak. Namun untuk warga yang tinggal di Perumahan Pertamina sudah mendapatkan air bersih yang cukup," kata Ashari.
Dari sekitar 12 ribu penduduk Pulau Bunyu, sekira 150 Kepala Keluarga sudah mendapatkan air bersih yang diperoleh dari sumber air sungai. Sedangkan sisanya hanya mengandalkan air hujan. (joi)

Sumber : klik di sini



Artikel yang berhubungan :



5 komentar:

Bunyu Online mengatakan...

Sebenarnya PDAM di Pulau Bunyu sudah ada sih. Tapi ya gitu, ngikutin musim juga. Kalau pas musim hujan, airnya lancar. Tapi pas lagi kemarau, airnya ndak ngalir blas. Wekekeke...
Mudah2an proyek air bersih prakasra PT. Adani ini ndak kayak gitu. Tapi kalau ternyata begitu juga, berarti ini cuma proyek comdev basa-basi.
Gimana mau cari sumber air bersih kalau hutannya digundulin? Cari simpati boleh2 aja. Tapi yg masuk akal dong.

"CyberChems" mengatakan...

apa....PT adani mo kasih air bersih wekekekekekekeke...itu mah akal-akalan PT. Adani ja dia udah tau kalo pertambangannya itu udah mencemari udara!! yah jelaslah klo SOx, NOx, CO, CO2 udah mencemari udara pasti akan ada hujan asam. klo ga percaya coba ja ukur kadar SOx nya di pertambangannya sana. lah... klo uda hujan asam gimana dengan orang2 yang tinggal dikampung yang air bersihnya didapat dari tadah hujan. nah karena semua itulah PT. ADANI buat air bersih

Bunyu tercinta mengatakan...

hay... "CyberChems". MUNGKIN aza PT adani global dan kawan-kawan nya juga ingin membuat air laut sebagai air bersih PDAMnya..!!! kaya di arab getuh...!!!!

wakakakkkkk MAJU MASYARAKAT BUNYU. MAJU ADANI GLOBAL DAN KAWAN-KAWAN.

cyberchems mengatakan...

ha.haha..ha..... lucu2 air laut dijadikan air bersih ...monggo mas.....ha...ha...ha...... gimana air laut mo dijadikan air bersih air lautnya aja udah tercemar ma pertambangan itu
salah satu pokok utama supaya masyarakat bunyu bisa tenang yaitu TOLONG MASALAH AMDAL NYA DI KETATI JANGAN ASAL MAIN TEMBAK AJA

azay / mengatakan...

tinggal 2 bulan lagi tuh baru masuk tahun 2009, apakah pipa dan bagunan udah di bikin...!!!

klo belum juga di bikin bisa-bisa tahun 2010 baru jadi...!!!

maklum, kebanyakan MOLOR...!!!

Posting Komentar

Kirim Koment anda sebagai NAMA/URL, Masukka nama Anda dan URL anda, URL bisa diisi sembarangan.
contoh URL : BLOG INI, Friendster, Blog kamu, DLL


KIRIM SEKARANG KOMENTAR ANDA DI SINI

 
Resolution: 1024x768px | Best View:

Powered By Blogger | Portal Design By azay kun || Spooky the evil © 2009